Kelompok Pro Rouhani Kuasai Parlemen Iran

Minggu, 01 Mei 2016 - 19:25 WIB
Kelompok Pro Rouhani Kuasai Parlemen Iran
Kelompok Pro Rouhani Kuasai Parlemen Iran
A A A
TEHERAN - Kelompok moderat dan reformis Iran berhasil menguasai parlemen Iran pasca pemilu parlemen putaran kedua usai dilakukan. Kemenangan kelompok pro Presiden Hassan Rouhani ini mengakhiri dominasi kelompok garis keras. Selain itu, hal ini juga membuka peluang bagi Rouhani kembali menjadi presiden untuk kedua kalinya.

Berdasarkan hasil perhitungan, kelompok moderat dan reformis Iran mendapatkan 143 kursi di Parlemen atau hanya kurang dua kursi untuk mencapai jumlah 50 persen. Sedangkan kelompok garis keras memperoleh 86 kursi dan independen dengan 61 kursi seperti dikutip dari ABC News, Minggu (1/5/2016).

Meski tidak menjadi kelompok mayoritas di parlemen, namun diyakini kelompok moderat dan reformis Iran akan mencoba untuk menarik dukungan dari kelompok independen. Kelompok independen sendiri mempunyai kecenderungan sikap politik yang bervariasi, tergantung pada masalah yang dihadapi.

Kendati begitu, kemenangan ini tetap disambut antusias oleh pemimpin kelompok moderat reformis, Mohammad Reza Aref. "Prioritas kami adalah keterlibatan dengan faksi lain daripada konfrontasi," katanya seperti dilaporkan kantor berita ISNA.

Selain dikuasai oleh kelompok pro Rouhani, komposisi yang menarik lainnya dari parlemen Iran yang baru adalah keterwakilan kaum perempuan yang meningkat. Setidaknya 17 politisi perempuan berhasil menduduki kursi di parlemen. Jumlah ini adalah jumlah terbesar yang pernah ada. Dari jumlah itu, 11 dari mereka adalah kelompok moderat reformis atau pro Rouhani.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6919 seconds (0.1#10.140)
pixels