Korut Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

Sabtu, 23 April 2016 - 21:56 WIB
Korut Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam
Korut Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam
A A A
SEOUL - Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, mengabarkan jika Korea Utara (Korut) telah menembakkan sebuah rudal balistik dari sebuah kapal selam yang menuju ke laut timur. Kabar itu mengutip pernyataan pejabat militer Korsel.

Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan, Korut menembakkan proyektil sekitar pukul 18:30 waktu setempat. "Kepala Staf Gabungan mengatakan untuk tetap mengawasi dengan ketat kegiatan militer Korut sambil mempertahankan kesiapan di setiap posisi," begitu laporan Yonhap dikutip dari USA Today, Sabtu (23/4/2016).

Laporan ini muncul di tengah kabar bahwa Pyongyang tengah mempersiapkan uji coba nuklir atau peluncuran rudal balistik lainnya untuk menandai hari jadi ke-6 Tentara Rakyat Korea yang jatuh pada tanggal 25 April.

Dua pekan lalu, Korut gagal meluncurkan rudal balistik jarak menengah Musundan dari sebuah peluncur mobile untuk merayakan ulang tahun Kim Il-sung, kakek dari pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un.

Surat kabar Korea Selatan Donga Ilbo mengutip sumber-sumber militer Korsel yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Korut tampaknya telah menyelesaikan semua persiapan untuk uji coba nuklir kelima.

Sementara Yonghap dan media lain mengecilkan prospek sebuah uji coba nuklir ini. Padahal, Amerika Serikat (AS) dan Jepang mengaku khawatir atas prospek terjadinya tes nuklir kelima sejak Oktober 2006 dimana yang terbaru terjadi pada Januari 2016.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5111 seconds (0.1#10.140)