Yordania Tarik Pulang Dubes dari Iran

Senin, 18 April 2016 - 20:02 WIB
Yordania Tarik Pulang...
Yordania Tarik Pulang Dubes dari Iran
A A A
AMMAN - Pemerintah Yordania dilaporkan telah menarik Duta Besar mereka yang berada di Teheran, Iran. Penarikan Duta Besar pada umumnya adalah bentuk protes paling tinggi dari sebuah negara terhadap negara lain.

Menurut laporan sejumlah media, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (18/4), Yordania memanggil Duta Besarnya untuk melakukan konsultasi, atas apa yang mereka sebut sebagai intervensi berlebih yang dilakukan Iran terhadap sejumlah negara Timur Tengah.

Yordania adalah negara terbaru yang melakukan pemanggilan pulang perwakilan mereka di Teheran, paska adanya pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan Arab Saudi terhadap Iran beberapa waktu. Pemutusan hubungan tersebut dilakukan paska adanya serangan terhadap Kedutaan Besar Saudi di Teheran.

Paska penyerangan tersebut, Saudi langsung menarik mundur semua korps diplomatik yang berada di Teheran, dan langsung mengumumkan bahwa mereka telah memutus hubungan diplomatik dengan negara Persia tersebut.

Setelah pemutusan hubungan itu, sejumlah negara sekutu Saudi, seperti Bahrain dan Sudan langsung menarik mundur semua korps diplomatik mereka di Teheran. Kedua negara itu juga bahkan turut memutus hubungan dengan Iran.

Belum diketahui apakah pemanggilan pulang Duta Besar Yordania ini akan berakhir pada pemutusan hubugan diplomatik antara Iran dan Yordania. Sejauh ini, pemerintah Yordania sendiri belum memberikan komentar apapun mengenai hal ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8952 seconds (0.1#10.140)