Filipina-Vietnam Bakal Patroli Bareng di LCS

Rabu, 13 April 2016 - 22:22 WIB
Filipina-Vietnam Bakal Patroli Bareng di LCS
Filipina-Vietnam Bakal Patroli Bareng di LCS
A A A
MANILA - Seorang sumber militer Filipina mengatakan, pejabat pertahanan dari Filipina dan Vietnam akan bertemu pada pekan ini untuk mengeksplorasi kemungkinan latihan dan patroli Angkatan Laut bersama di Laut China Selatan (LCS). Ini dilakukan untuk menopang aliansi baru antara negara-negara dalam konflik di LCS dengan China.

"Ini adalah diskusi awal. Ini mungkin memakan waktu, tetapi kami ingin berpindah ke tahapan selanjutnya," kata pejabat senior militer Filipina itu, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/4/2016).

Filipina sendiri tengah menjajaki patroli bersama dengan Amerika Serikat (AS). Usulan ini telah dijajaki sejak bulan Januari lalu. Hal itu bisa terjadi dalam waktu satu tahun, kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Filipina. "Kedua belah pihak masih membicarakan hal ini," lanjutnya.

Sebelumnya, Filipina dam Vietnam menyepakati kemitraan strategis pada bulan November lalu. Kerjasama ini untuk meningkatkan hubungan keamanan di tengah kehadiran China di LCS dan menyebarkan peralatan militer di Kepulauan Spratly dan Paracel.

Pertemuan antara Wakil Menteri Pertahanan Vietnam, Nguyen Chi Vinh, dan Wakil Menteri Pertahanan Filipina Honorio Azcueta, dijadwalkan terjadi pada Kamis mendatang di Den Haag, Belanda. Pertemuan itu terjadi bersamaan dengan putusan dalam kasus arbitrase yang diajukan oleh Manila.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3326 seconds (0.1#10.140)