Paska Dilepas Abu Sayyaf, Kapal MV Massive 6 Kembali Berlayar

Rabu, 13 April 2016 - 14:36 WIB
Paska Dilepas Abu Sayyaf, Kapal MV Massive 6 Kembali Berlayar
Paska Dilepas Abu Sayyaf, Kapal MV Massive 6 Kembali Berlayar
A A A
JAKARTA - Dua pekan paska dilepas oleh Abu Sayyaf, kapal MV Massive 6 dilaporkan telah kembali berlayar. Rencananya, MV Massive 6 akan melanjutkan perjalanan dari Tawau, Malaysia menuju ke Samarinda.
Seperti diketahui, MV Massive 6 sempat dibajak oleh kelompok bersenjata yang diduga sebagai sempalan dari kelompok Abu Sayyaf di perairan Ligitan, Semporna, Malaysia pada 1 April 2016. Kapal tersebut dibajak dalam pelayaran dengan rute Manila–Tawau dengan membawa tongkang bermuatan 7.500 ton batu bara.

Pelaku pembajakan melepaskan tiga orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dan dua ABK Myanmar, namun kawanan perompak ini menculik empat orang ABK asal Malaysia. Hingga saat ini, keberadaan empat ABK Malaysia belum diketahui.

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia, yang diterima Sindonews pada Rabu (13/4), Highline Shipping Sdn. Bhd, selaku pemilik kapal, telah mengganti empat ABK MV Massive 6 yang diculik dengan empat ABK pengganti yang kesemuanya berkewarganegaraan Indonesia.

"Kemenlu melalui Satgas Perlindungan WNI Konsulat Indonesia Tawau telah mengawal dan mendampingi proses penandatanganan Perjanjian Kerja Laut (PKL) antara WNI ABK dengan pemilik kapal untuk memastikan hak-hak WNI ABK MV Massive 6 seperti gaji pokok, biaya kesehatan, tunjangan dan cuti dapat diterima sesuai dengan aturan yang berlaku," bunyi siaran pers Kemenlu.

"Satgas KRI Tawau juga menyaksikan dan melepas keberangkatan kembali Kapal MV Massive 6 yang bertolak dari Pelabuhan Tawau pada pukul 19.30 waktu setempat," sambungnya.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)