Soal Panama Papers, China Minta Klarifikasi dari Panama

Jum'at, 08 April 2016 - 22:27 WIB
Soal Panama Papers, China Minta Klarifikasi dari Panama
Soal Panama Papers, China Minta Klarifikasi dari Panama
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mengatakan, China membutuhkan klarifikasi dari Panama tentang kebocoran dokumen milik firma hukum yang berbasis di negara itu. Dokumen tersebut mengungkap data keuangan offshore sejumlah keluarga kaya dan berkuasa, temasuk pemimpin top China.

"Kami telah mencatat bahwa Panama telah membuat sejumlah penjelasan dan klarifikasi. Apa yang saya kerjakan pertama kali adalah harus mendapatkan penjelasan dan memahami benar-benar tentang kebocoran itu," kata Wang Yi, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (8/4/2016).

Meski begitu, Wang tidak merinci terkait kebocoran dokumen itu atau mengatakan China telah menghubungi pemerintah Panama terkait skandal yang menyeret pemimpin mereka. Dia hanya mengatakan bahwa China akan terus melanjutkan perang terhadap korupsi.

"Dengan dukungan yang luas dari orang-orang China, perjuangan anti korupsi China terus bergerak maju. Sebagai pemimpin Saya katakan, kita akan selalu berada di jalan anti korupsi," tegas Wang.

Nama Hu Dehua, putra pemimpin reformis akhir China, Hu Yaobang, disebut-sebut dalam skandal Panama Papers. Dehua dikatakan memiliki perusahaan di luar negeri. Media Hong Kong menuding, Dehua telah menyembunyikan kebenaran tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5284 seconds (0.1#10.140)