Obama Tolak Ide CIA Gulingkan Assad Pada 2012

Senin, 04 April 2016 - 13:25 WIB
Obama Tolak Ide CIA...
Obama Tolak Ide CIA Gulingkan Assad Pada 2012
A A A
WASHINGTON - Mantan agen Badan Intelijen Amerika Serikat (AS) atau CIA, Doug Laux mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan rencana untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad pada tahun 2012 lalu. Namun, rencana itu ditolak oleh Presiden AS Barack Obama.

"Gedung Putih dan para pemimpin CIA telah membuat jelas dari awal, bahwa tujuan dari gugus tugas kami adalah untuk menemukan cara guna menghilangkan Presiden Assad dari kantor," kata Laux dalam sebuah wawancara dengan NBC, seperti dilansir Russia Today pada Senin (4/4).

Laux menuturkan, rencana yang dibuat oleh dirinya tersebut sudah mendapat dukungan dari Direktur CIA, David Petraeus. Robert Ford, mantan Duta Besar AS untuk Suriah, dan Leon Panetta, mantan Menteri Pertahanan AS juga diklaim mendukung rencana, yang menurut Laux bisa mencegah munculnya ISIS itu.

"Kami telah datang dengan 50 pilihan yang baik untuk memfasilitasi itu. Rencana saya meletakkan mereka dalam kepemimpinan hitam dan putih. Tapi politik tidak memberi kita lampu hijau untuk melaksanakan satu pun," sambungnya.

Namun, ketika ditanya apa saja rencana yang dia dan CIA buat untuk melengserkan Assad, Laux enggan memberikan satupun rincian dari rencana itu.

Namun, seorang pejabat keamanan AS yang berbicara dalam kondisi anonim menyebut bahwa rencana CIA itu meliputi pelatihan pemberontak Suriah, dan menekan serta membayar pejabat senior Suriah untuk mendesak Assad agar mundur.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Laux mengecam kebijakan AS di Suriah pada tahun 2012 yang menurutnya sangat lemah, dan hal itu menghancurkan kredibilitas Amerika di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3265 seconds (0.1#10.140)