Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan Bintang Raksasa

Minggu, 20 Maret 2016 - 19:05 WIB
Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan Bintang Raksasa
Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan Bintang Raksasa
A A A
WASHINGTON - Hubble, teleskop luar angkasa yang dioperasikan oleh European Space Agency dan NASA dikabarkan berhasil menangkap gugus bintang R136 dan mengungkap ada sembilan bintang yang mempunyai massa 100 kali dari matahari.

Dikutip dari CNN, Minggu (20/3/2016), salah satu bintang tersebut adalah R136a1, bintang terbesar yang dikenal di alam semesta. Bahkan, bintang terkecil yang ada dalam gugusan bintang R136, dimana jumlahnya puluhan, besarnya 50 kali melebihi massa matahari. Bintang-bintang tersebut juga terlihat sangat cerah, dengan sembilang bintang terbesarnya bersinar lebih cerah secara bersamaan.

Gugusan bintang R136 berjarak sekitar 170 ribu tahun cahaya. Mereka terletak di Tarantula Nebula dalam Awan Magellan Besar. Untuk mendapatkan gambaran tentang jarak tersebut, Alpha Centauri - sistem bintang terdekat dengan Bumi - berjarak sekitar 4,3 tahun cahaya atau sekitar 25 triliun mil jauhnya.

Penemuan bintang ini menawarkan informasi lebih lanjut tentang pembentukan bintang dan dalam hal skala kosmik, tepat pada waktunya. Bintang-bintang besar ini hidup hanya beberapa juta tahun sebelum supernova.

Astrofisikawan University of Sheffield dan penulis, Paul Crowther, memuji temuan Hubble tersebut. "Sekali lagi, pekerjaan kami menunjukkan bahwa, meskipun di orbit selama lebih dari 25 tahun, ada beberapa bidang ilmu yang unik yang Hubble masih mampu lakukan," katanya. Hasilnya temuan ini rencana akan dipublikasikan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7052 seconds (0.1#10.140)