Pesawat-pesawat Tempur Rusia Mulai Hengkang dari Suriah

Selasa, 15 Maret 2016 - 17:09 WIB
Pesawat-pesawat Tempur Rusia Mulai Hengkang dari Suriah
Pesawat-pesawat Tempur Rusia Mulai Hengkang dari Suriah
A A A
MOSKOW - Kelompok pertama dari pesawat tempur Rusia telah meninggalkan pangkalan udara di Latakia, Suriah.

Pesawat-pesawat tempur Moskow itu tinggalkan Suriah menyusul perintah Presiden Vladimir Putin yang minta sebagian pasukan Rusia ditarik.

Kelompok pertama dari pesawat (tempur) Rusia telah meninggalkan pangkalan Khmeimim dan terbang ke arah pangkalan masing-masing di Rusia. Formasi ini dipimpin oleh (pesawat) Tu-154 dan termasuk pesawat pengebom serbaguna Su-34,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (15/3/2016), seperti dikutip Russia Today.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin, membuat pengumuman mengejutkan, di mana dia tiba-tiba memerintahkan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu untuk mulai menarik pasukan Rusia dari Suriah mulai Selasa (15/3/2016).

Meski demikian, tidak semua kekuatan militer Rusia ditarik. Rusia tetap mempertahankan kehadiran militernya di pelabuhan Tartus dan di pangkalan udara Khmeimim. Tujuannya untuk mengamati perjanjian gencatan senjata.


Saya mempertimbangkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan Kementerian Pertahanan. Itu sebabnya saya memerintahkan untuk memulai penarikan sebagian dari kelompok militer kita dari wilayah Republik Arab Suriah mulai besok (hari ini),” kata Putin hari Senin, ketika melakukan pertemuan dengan Shoigu dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.


Dalam waktu singkat Rusia telah menciptakan sebuah kelompok militer kecil tapi sangat efektif (di Suriah),” lanjut Putin. “Dengan bantuan dari Angkatan Udara Rusia, pasukan Pemerintah Suriah dan pasukan patriotik telah mengubah situasi perang dengan terorisme internasional,” imbuh Putin.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4145 seconds (0.1#10.140)