Lima Alasan Munculnya Radikalisme Versi Ulama Indonesia

Selasa, 15 Maret 2016 - 13:52 WIB
Lima Alasan Munculnya Radikalisme Versi Ulama Indonesia
Lima Alasan Munculnya Radikalisme Versi Ulama Indonesia
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Irfan Idris, mengungkap sejumlah alasan yang menyebabkan munculnya radilkalisme dan ekstremisme. Menurutnya, setidaknya ada lima alasan di balik hal tersebut.

Pertama, karena adanya rasa ketiakadilan, baik yang disebabkan oleh negara, kepala negara, atau bahkan oleh kepala sebuah organisasi besar dan berpengaruh di sebuah negara.

”Kedua adalah ketertinggalan, kurangnya pendidikan. Saat ini negara dengan indeks pertumbuhan yang bagus mayoritas adalah negara Barat. Indonesia dan negara- negara lainnya berada di bawah Barat," kata Irfan, pada acara Diplomatic Forum: Global Cooperation In Coping With Radicalism, Selasa (15/3/2016).

Alasan ketiga, lanjut Irfan, adalah kurangnya kebeneranian untuk mengungkapkan pendapat atau kritik. Hal ini, menurutnya, membuat sejumlah pihak dengan pemikiran yang sama akan membentuk sebuah kelompok dan melakukan protes dengan cara yang salah.

Alasan keempat adalah konsipirasi, yakni adanya kerjasama sejumlah pihak atau negara besar untuk menghancurkan satu pihak. Alasan terakhir, sambung Irfan, adalah adanya konflik internal di antara Muslim, bagi itu di sebuah negara, ataupun di dalam sebuah organisasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)