Pemberontak Tembak Jatuh Jet Tempur Pemerintah Suriah

Minggu, 13 Maret 2016 - 15:10 WIB
Pemberontak Tembak Jatuh Jet Tempur Pemerintah Suriah
Pemberontak Tembak Jatuh Jet Tempur Pemerintah Suriah
A A A
DAMASKUS - Pihak pemberontak Suriah mengatakan, kelompok pemberontak menembak jatuh sebuah jet tempur milik pemerintah di atas Suriah Barat. Namun, belum diketahui dengan pasti apakah pesawat tersebut ditembak jatuh menggunakan rudal atau senjata anti pesawat.

Kelompok pemberontak yang beroperasi di wilayah Jaish al-Nasr mengaku telah menembak jatuh jet tempur dengan senjata anti-pesawat. Sedangkan kelompok pemantau, Observatorium Suriah untuk HAM, mengatakan kelompok pemberontak telah menembak jatuh jet tempur dengan dua rudal pencari panas.

Pernyataan ini pun dibenarkan oleh sebuah sumber di militer Suriah. Sumber tersebut mengatakan, gerilyawan telah menargetkan dan menembak jatuh pesawat tempur itu saat akan mendarat di provinsi Hama. Pihak militer mengatakan aksi pemberontak tersebut melanggar kesepakatan penghentian permusuhan, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/3/2016).

Pemberontak Suriah sebelumnya juga telah menembak jatuh pesawat-pesawat tempur Suriah dengan senjata anti-pesawat. Mereka juga telah meminta pendukung asing mereka, termasuk Arab Saudi untuk memasok mereka dengan rudal anti-pesawat guna menghadapi pesawat tempur Suriah dan Rusia.

Tetapi mereka mengatakan, senjata-senjata ini sejauh ini belum tersedia, yang mencerminkan kekhawatiran bahwa mereka bisa berakhir di tangan kelompok-kelompok seperti Negara Islam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)