China Akan Aktifkan Penerbangan Sipil Rute LCS

Jum'at, 11 Maret 2016 - 21:25 WIB
China Akan Aktifkan Penerbangan Sipil Rute LCS
China Akan Aktifkan Penerbangan Sipil Rute LCS
A A A
BEIJING - China akan memulai penerbangan sipil ke dan dari pulau yang disengketakan di Laut China Selatan. Pasalnya, China telah memperluas infrastruktur di pulau-pulau buatan dan karang yang ada di lokasi tersebut.

Penerbangan sipil ini akan berangkat dari dan ke kota Sansha yang berada di Pulau Woody di Kepulauan Paracel. Pulau ini juga menjadi basis administratif China untuk mengontrol pulau-pulau dan karang di Laut China Selatan disitir dari Reuters, Jumat (11/3/2016).

Menurut kantor berita Xinhua, mengutip wawancara dengan Walikota Xiao Jie, dua kapal penumpang dan satu kapal BTS untuk komunikasi telah ditempatkan di Sansha.
Lapangan udara di Sansha dan satu lapangan udara baru di Fiery Cross Reef, Kepulauan Spratly, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan lalu lintas udara di kawasan itu.

Selain itu, keberadaan lapangan terbang tersebut juga untuk membantu navigasi dan pengawasan sambil memberikan informasi cuaca dan aeronautika.

China mengklaim sebagian besar perairan Laut China Selatan yang kaya energi dan memberikan pemasukan sekitar USD 5 triliun per tahun. Klaim ini pun mendapat tentangan dari Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam yang juga merasa berhak atas perairan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)