Pyongyang Bakal Likuidasi Aset Korsel di Utara

Kamis, 10 Maret 2016 - 17:44 WIB
Pyongyang Bakal Likuidasi Aset Korsel di Utara
Pyongyang Bakal Likuidasi Aset Korsel di Utara
A A A
SEOUL - Ketegangan di Semenanjung Korea semakin menjadi setelah Korea Utara (Korut) menembakkan sepasang rudal jarak pendek. Tidak berhenti sampai di situ, rezim Kim Jong-un juga mengaku akan melikuidasi semua aset Korea Selatan (Korsel) yang ada di wilayahnya.

Korut menyatakan akan menyita aset milik Korsel yang berada di dua proyek yang dijalankan bersama, yaitu resor pariwisata Gunung Kumgang dan kompleks industri Kaesong.

"Kami benar-benar akan melikuidasi seluruh aset perusahaan Korea Selatan dan instansi terkait tertinggal di wilayah kami," kata Komite untuk Reunifikasi Damai Korea dalam pernyataan yang disiarkan oleh KCNA dikutip dari Straits Times, Kamis (10/3/2016).

"Mulai saat ini, kami membatalkan semua perjanjian yang diadopsi oleh Korea Utara dan Selatan pada kerjasama ekonomi dan program pertukaran," begitu bunyi pernyataan Komite untuk Reunifikasi Damai Korea.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Asosiasi Perusahaan yang berada di Kaesong Jeong Gi-Seob menyatakan, keputusan likuidasi tersebut amatlah keterlaluan.

"Tidak ada yang bisa melikuidasi aset pribadi secara sepihak. Saya menarik kedua Selatan dan Utara untuk mempertimbangkan kepentingan perusahaan dan memungkinkan kita untuk datang ke Utara dan membungkus hal," kata Jeong AFP.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)