Mantan Ibu Negara AS Tutup Usia

Senin, 07 Maret 2016 - 00:56 WIB
Mantan Ibu Negara AS Tutup Usia
Mantan Ibu Negara AS Tutup Usia
A A A
LOS ANGELES - Mantan ibu negara Amerika Serikat (AS), Nancy Reagan, meninggal dunia akibat gagal jantung, Minggu (6/3) waktu setempat. Menurut Joanne Drake, juru bicara Perpustakaan Ronald Reagan, Nancy wafat di rumahnya, di Los Angeles.

"Beliau akan dimakamkan di Perpustakaan Presiden Ronald Reagan, di Simi Valley, California, di samping suaminya, Ronald Wilson Reagan, yang meninggal pada 5 Juni 2004. Sebelum upacara pemakaman, akan ada kesempatan bagi anggota masyarakat untuk memberikan penghormatan di Perpustakaan," kata Drake dalam sebuah pernyataan.

Seperti dilaporkan USA Today, wafatnya Nancy langsung mengundang ucapan belasungkawa dari seluruh penjuru negeri. Sejumlah tokoh politik di negeri Paman Sam menyampaikan ucapan duka mereka bagi wanita yang memainkan peran kunci dalam karir politik Reagan saat menjabat sebagai Presiden AS.

"Dengan pesona, keanggunan, dan gairah untuk Amerika, pasangan ini mengingatkan kita pada kebesaran dan daya tahan Amerika terhadap cobaan," kata Mitt Romney, calon presiden dari Partai Republik pada 2012.

"Nancy Reagan adalah salah satu pahlawan saya. Dia menjabat sebagai Ibu Negara dengan kekuatan yang luar biasa. Dia meninggalkan kesan bagi dunia. Kita akan merindukannya," ujar mantan Gubernur California yang juga aktor film laga, Arnold Schwarzenegger dalam tweetnya.

Nancy terlahir dengan nama Anne Frances Robbins pada 6 Juli 1921. Nancy sempat berkiprah di dunia film AS dan menjadi bintang Hollywood. Di Hollywood pula ia bertemu dengan Reagan. Keduanya menikah pada 4 Maret 1952. Nancy berstatus Ibu Negara AS saat Reagan menjabat sebagai Presiden di periode 20 Januari 1981 – 20 Januari 1989.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4005 seconds (0.1#10.140)