Rudal Korut Siaga, Korsel-AS Bahas Penyebaran Sistem Rudal

Jum'at, 04 Maret 2016 - 17:15 WIB
Rudal Korut Siaga, Korsel-AS Bahas Penyebaran Sistem Rudal
Rudal Korut Siaga, Korsel-AS Bahas Penyebaran Sistem Rudal
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) melakukan pembicaraan soal kemungkinan rencana penyebaran sistem rudal pertahanan milik AS untuk melawan ancaman dari Korea Utara (Korut)

Sebelumnya, pemimpin Korut Kim Jong-un telah memerintahkan semua senjata nuklir Pyongyang agar disiagakan penuh untuk mengatasi kebutuhan setiap saat. Jong-un mendesak militernya untuk segera menggunakan sistem senjata yang dapat menghantam sasaran militer utama di Korsel.

Korsel menegaskan, penyebaran sistem rudal pertahanan ini semata-mata akan ditujukan untuk melawan ancaman nuklir dari rudal Korut yang semakin meningkat

"Korea Utara terus melakukan tes nuklir dan melakukan provokasi dengan meluncurkan rudal jarak jauh, serta menantang Korsel dan upaya pencegahan penggunaan nuklir oleh masyarakat internasional," kata Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (4/3/2016).

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan, diskusi awal akan difokuskan pada lokasi potensial serta pembagian biaya dan waktu untuk instalasi sistem THAAD.

Meski begitu, rencana penyebaran rudal THAAD ini mendapat tentangan dari China. China menilai penyebaran sistem rudal pertahanan THAAD dapat mengancam negara itu, mengingat jarak jangkauan dari rudal tersebut melebihi Semenanjung Korea.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5770 seconds (0.1#10.140)