Trump dan Hillary Kuasai Super Tuesday

Rabu, 02 Maret 2016 - 14:06 WIB
Trump dan Hillary Kuasai Super Tuesday
Trump dan Hillary Kuasai Super Tuesday
A A A
WASHINGTON - Hillary Clinton dan Donald Trump seperti sudah diperkirakan oleh sejumlah pihak akan menguasai Super Tuesday. Trump diketahui menang di 6 negara bagian, sedangkan Hillary menang di 7 negara bagian.

Trump, yang merupakan kandidat calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari partai Republik, menang di negara bagian Virginia, Arkansas, Alabama, Massachusetts, Tennessee dan juga Georgia.

Pengusaha eksentrik itu unggul jauh dari saingan terdekatnya, yakni Ted Cruz. Seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (2/3), Cruz hanya berhasil menang di dua negara bagian yakni di Texas and Oklahoma.

Sementara itu, Hillary yang merupakan kandidat capres AS dari partai Demokrat, menang di negara bagian Texas, Arkansas, Alabama, Tennessee, Georgia, Massachusetts and Virginia.

Saingan satu-satunya Hillary, yakni Bernie Sanders sejauh ini diketahui berhasil menang di Vermont, Colorado, Minnesota dan Oklahoma. Proses perhitungan di Super Tuesday sendiri sejatinya belum selesai, namun dengan sudah menangnya Hillary di tujuh negara bagian, sudah tertutup kemungkinan bagi Sanders untuk menang di Super Tuesday.

Super Tuesday sendiri adalah pemilihan primari yang digelar di 12 negara bagian sekaligus. Alabama, Arkansas, Colorado, Georgia, Massachussets, Minnesota, Oklahima, Tennessee, Texas, Vermont dan Virginia adalah negara-negara bagian yang akan terlibat dalam Super Tuesday.

Tak kurang dari 1.004 delegasi dari partai Demokrat akan terlibat dalam pemilihan ini, sedangkan 595 orang delegasi akan terlibat dari partai Republik.

Super Tuesday biasanya akan menjadi patokan siapa yang kelak akan maju sebagai calon Presiden, baik dari partai Republik, ataupun partai Demokrat. Walaupun, setelah Super Tuesday masih ada beberapa pemilihan awal, baik itu primari ataupun kaukus, yang berujung pada konvensi partai pada Juni mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)