Picu Amarah, Ultah Presiden Zimbabwe Berbiaya Rp10,7 M Tetap Digelar

Sabtu, 27 Februari 2016 - 18:51 WIB
Picu Amarah, Ultah Presiden Zimbabwe Berbiaya Rp10,7 M Tetap Digelar
Picu Amarah, Ultah Presiden Zimbabwe Berbiaya Rp10,7 M Tetap Digelar
A A A
HARARE - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, merayakan ulang tahun (ultah) ke-92 pada hari ini (27/2/2016). Ultah mewah dengan biaya USD800 ribu atau sekitar Rp10,7 miliar itu tetap digelar meski memicu amarah publik.

Publik, terutama dari kelompok oposisi marah karena ultah mewah Presiden Mugabe digelar di saat negara itu dilanda bencana kekeringan.

Perayaan ultah mewah itu dijadwalkan dihadiri puluhan ribu loyalis partai berkuasa, pejabat dan anggota masyarakat. Pesta ultah sang presiden diramaikan dengan konser dan parade jalanan.

Panitia telah bekerja untuk memastikan perayaan yang sukses,” kata Simon Khaya Moyo, juru bicara partai ZANU-PF, partai yang berkuasa di Zimbabwe,kepada AFP.


Semuanya sudah di tempat dan kami berharap untuk acara yang luar biasa,” katanya lagi.

Presiden Mugabe yang berusia 92 tahun telah memerintah selama 36 tahun. Selama berkuasa, negara itu rezimnya diwarnai tindakan kecurangan pemilu, emigrasi massal, tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan kemerosotan ekonomi.


Meski demikian, media Pemerintah Zimbabwe menulis pujian untuk kepemimpinan Mugabe sejak negara itu merdeka dari Inggris.

Surat kabar Sunday Mail, menerbitkan 16 halaman khusus suplemen dengan sampul depan berjudul: ”Thank You Bob, We now have a voice, since 1980” yang berarti; ”Terima kasih Bob, Kami sekarang memiliki suara, sejak tahun 1980”.

Analis politik di Masvingo State University, Takavafira Zhou, mengkritik ultah mewah di saat orang-orang di Zimbabwe sedang kelaparan akibat bencana kekeringan. ”Ada akan wining dan makan di tempat, sementara seluruh orang kelaparan,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)