Parlemen Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Saudi

Kamis, 25 Februari 2016 - 21:55 WIB
Parlemen Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Saudi
Parlemen Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Saudi
A A A
BRUSSELS - Parlemen Eropa menyerukan kepada Uni Eropa (UE) untuk memberlakukan embargo senjata terhadap Arab Saudi. Mereka menuding Arab Saudi telah menargetkan warga sipil dalam operasi udaranya di Yaman.

"Ini tentang Yaman. Pelanggaran hak asasi manusia telah mencapai tingkat yang mewajibkan Eropa untuk bertindak dan mengakhiri penjualan senjata ke Arab Saudi," kata seorang anggota parlemen kiri Inggris, Richard Howitt, dikutip dari Reuters, Kamis (25/2/2016).

Anggota parlemen UE memperingatkan kemungkinan akan ada voting untuk mendorong aksi balasan terhadap tindakan Arab Saudi. Utusan Arab Saudi sendiri telah bersua dengan anggota parlemen UE dan mencoba menghalangi sikap parlemen.

"Saudi mengatakan kepada saya, mereka mungkin memutuskan hubungan. Saya berharap itu hanya berupa kata-kata," kata Howitt. Ia menambahkan, cara tercepat untuk menghindari embargo senjata adalah dengan mengakhiri konflik di Yaman.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi, Abdulrahman Al Ahmed membela tindakan kerajaan dalam sebuah surat kepada anggota parlemen Uni Eropa. Ia mengatakan, jika Arab Saudi tidak mengambil tindakan di Yaman, maka akan menimbulkan konsekuensi geopolitik yang amat luas.

Menurut laporan PBB, hampir 6.000 orang telah tewas sejak koalisi Arab memasuki konflik di Yaman. Dari angka itu, hampir setengah darinya adalah warga sipil.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)