Walikota London Dukung Inggris Keluar dari UE

Senin, 22 Februari 2016 - 20:37 WIB
Walikota London Dukung Inggris Keluar dari UE
Walikota London Dukung Inggris Keluar dari UE
A A A
LONDON - Walikota London, Borish Johnson mengaku akan bergabung dengan aksi yang mendukung agar Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE). Langkah Johnson ini bertentangan dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron yang berharap Inggris tidak keluar dari anggota UE.

Johnson, yang memang kerap disebut sebagai pemimpin masa depan Inggris, dan rival terberat Cameron, menuturkan salah satu alasan dirinya ingin Inggris keluar dari UE adalah faktor perekonomian yang lebih baik. Dirinya ingin Inggris bisa kembali memegang kendali dan tidak tergantung pada satu pihak.

"Hal terakhir yang saya inginkan adalah untuk melawan David Cameron atau pemerintah. Tapi, setelah banyak sakit hati, saya tidak berpikir ada hal lain yang bisa saya lakukan," kata Johnson pada wartawan di luar rumahnya di London, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (22/2).

"Saya akan menganjurkan orang-orang meninggalkan UE, karena saya ingin kesepakatan yang lebih baik bagi rakyat negeri ini, untuk menyelamatkan uang mereka dan untuk mengambil kembali kendali," sambungnya.

Inggris rencannya akan menggelar referndum pada akhir Juni mendatang. Hasil referendum itu akan menentukan langkah Inggris, apakah akan tetap bergabung bersama dengan UE, atau keluar dari organisasi tersebut.

Sejauh ini, tidak ada negara yang pernah keluar dari UE. Sebaliknya, beberapa negara Eropa non-UE saat ini tengah bekerja keras untuk mereformasi ekonomi mereka dan sistem pemerintahan, sehingga mereka dapat bergabung dengan UE.

Walikota London Dukung Inggris Keluar dari UE
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2906 seconds (0.1#10.140)
pixels