Oposisi Suriah Ajukan Syarat Gencatan Senjata

Sabtu, 20 Februari 2016 - 22:51 WIB
Oposisi Suriah Ajukan Syarat Gencatan Senjata
Oposisi Suriah Ajukan Syarat Gencatan Senjata
A A A
JENEWA - Oposisi Suriah sepakat untuk gencatan senjata dua sampai tiga minggu dengan syarat Rusia menghentikan serangan udara, mengakhiri pengepungan, dan memberikan akses bagi bantuan kemanusiaan di seluruh Suriah.

"Pesan yang disampaikan sudah sangat jelas sekarang, bahwa oposisi bersedia untuk gencatan senjata dalam dua sampai tiga minggu, dan itu terbuka untuk diperbarui jika kondisinya benar-benar terwujud dan kedua belah pihak bersedia untuk meperbaharui itu," ujar sebuah sumber yang terkait dalam proses perundingan damai Suriah.

Sang sumber juga menyatakan kelompok oposisi juga meminta tahanan perang yang rentan, termasuk perempuan dan anak-anak, untuk dibebaskan, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (20/2/2016).

Terkait dengan keberadaan kelompok Front al-Nusra yang dijadikan alasan oleh Rusia untuk tidak menghentikan serangan udaranya di Suriah, sang sumber menggambarkannya sebagai seekor gajah yang berada di dalam ruangan.

"Mereka harus sangat hati-hati berurusan dengan ini atau mereka akan berakhir dengan perang saudara di Idlib di tangan mereka," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5721 seconds (0.1#10.140)