Bebas dari Sanksi, Iran Borong Peralatan Militer Rusia

Selasa, 16 Februari 2016 - 22:01 WIB
Bebas dari Sanksi, Iran Borong Peralatan Militer Rusia
Bebas dari Sanksi, Iran Borong Peralatan Militer Rusia
A A A
MOSKOW - Berdasarkan laporan media Rusia Kommersant, Iran disebut akan memborong peralatan militer dari Rusia. Belanja besar-besaran ini dilakukan hanya berselang satu bulan setelah dunia internasional mencabut sanksi dan embargo yang selama ini mengekang Iran.

Dalam laporannya, surat kabar Rusia itu menyebut bahwa Iran akan membeli beberapa unit jet tempur Sukhoi Su-30, dan beberapa unit helikopter tempur. Total kontraknya mencapai delapan miliar dolar Amerika.

"Iran berencana membeli pesawat tempur Sukhoi Su-30SM, helikopter Mil Mi-8 dan Mil Mi-17, serta senjata lainnya dari Rusia dalam sebuah kesepakatan senilai lebih dari delapan miliar dolar," bunyi laporan Kommersant, mengutip sumber Kementerian Pertahanan Rusia.

"Teheran juga telah mengirimkan daftar perangkat keras yang akan dibeli oleh Angkatan Bersenjata Iran dari Moskow," sambung surat kabar Rusia itu, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (16/2).

Selain membeli jet dan helikopter tempur, Iran diduga kuat akan membeli peluncur roket, sejumlah pesawat ringan, kapal perang jenis frigat dan bahkan kapal selam dari Negeri Beruang Merah tersebut.

Iran sendiri sebelumnya sudah membeli versi baru sistem pertahanan udara S-300 dari Rusia. Teheran disebut akan menerima unit pertama S-300 dari Rusia pada bulan Maret mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)