Trump Menangi Primari New Hampshire

Rabu, 10 Februari 2016 - 12:30 WIB
Trump Menangi Primari New Hampshire
Trump Menangi Primari New Hampshire
A A A
NEW HAMPSHIRE - Donald Trump nampaknya masih menjadi salah satu kandidat utama calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari partai Republik. Ini terlihat dari hasil primari di New Hampsire, Machester, AS.


Dalam primari tersebut, Trump mendapatkan 34 persen suara, unggul jauh dari John Kasich di posisi kedua yang hanya mendapatkan 20 persen suara.

Kemenangan ini seperti pembalasan bagi Trump, yang sebelumnya kalah di kaukus Iowa. Sementara itu, Ted Cruz yang memenangkan kaukus Iowa harus puas berada di posisi ketiga, dengan 11,7 persen suara, yang disusul oleh Jeb Bush dengan 11.5 persen suara, dan Marco Rubio dengan 10,9 persen suara.

Kemenangan Trump sejatinya sudah bisa diprediksi. Karena, berdasarkan hasil jajak pendapat beberapa hari sebelum primari New Hampsire dimulai, Trump sangat diunggulkan dalam pemilihan ini.

Sementara itu, dari sisi partai Demokrat, Bernie Sander dipastikan memenangkan primari di New Hampsire. Sanders dikabarkan unggul tipis dari saingan satu-satunya, yakni Hillari Clinton.

Proses pemilihan, baik primari ataupun kaukus sendiri masih akan terus berlangsung hingga akhir Juli mendatang. Hasil dari primari dan kaukus ini akan menjadi patokan dalam konvensi nasional setiap partai untuk memilih siapa calon tunggal yang akan maju dalam pemilu secara nasional AS yang berlangsung November mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)
pixels