Korut Disebut Telah Luncurkan Roket Jarak Jauh

Minggu, 07 Februari 2016 - 11:35 WIB
Korut Disebut Telah Luncurkan Roket Jarak Jauh
Korut Disebut Telah Luncurkan Roket Jarak Jauh
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) disebut-sebut telah meluncurkan roket jarak jauh mereka. Peluncuran roket tersebut, menurut laporan sejumlah media Korea Selatan (Kosel), dilakukan semalam.

"Korut telah meluncurkan roket jarak jauh dari lokasi peluncuran di barat laut mereka. Roket diperkirakan memiliki jangkauan hingga 10 ribu kilometer," bunyi laporan kantor berita Korsel, Yonhap, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (7/2).

Namun, sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pemerinah Korsel, yang selalu memantau aktivitas militer Korut mengenai hal ini. Hal serupa juga belum dilakukan Korut, yang biasanya langsung mengumumkan bahwa mereka telah sukses melakukan peluncurkan roket.

Sebelumnya, Korut memang dikabarkan tengah bersiap untuk meluncurkan apa yang disebutnya sebagai satelit obeservasi bumi. Data menunjukkan jika Korut telah mengisi tangki bahan bakar menjelang peluncuran yang membetot perhatian dunia internasional.

Korut sendiri sejatinya telah mengumumkan akan melakukan peluncuran roket antara 8 dan 25 Februari bertepatan dengan ulang tahun mendiang pemimpin negara itu Kim Jong-il, yang merupakan ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong-un.

Namun, Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan, Pyongyang telah merubah jadwal tersebut dan akan melakukannya antara 7 dan 14 Februari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5374 seconds (0.1#10.140)