Rwanda Bantah Latih Pemberontak Burundi

Sabtu, 06 Februari 2016 - 20:55 WIB
Rwanda Bantah Latih Pemberontak Burundi
Rwanda Bantah Latih Pemberontak Burundi
A A A
KIGALI - Rwanda membantah tuduhan dalam laporan PBB yang bocor, bahwa negara itu melatih pengungsi Burundi menjadi kelompok pemberontak untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Pierre Nkurunziza. Dalam laporan PBB yang bocor tersebut, seperti diwartakan Reuters, Rwanda diklaim telah merekrut dan melatih para pengungsi Burundi untuk menggulingkan rezim Nkurunziza. (Baca juga: Pemberontak Burundi Mengaku Dilatih Militer Rwanda)

"Rwanda tuan rumah bagi sejumlah besar pengungsi Burundi di berbagai kamp-kamp pengungsi di dalam negeri. Namun hal itu tidak berarti melatih mereka untuk menggulingkan pemerintah Burundi," kata Menteri Luar Negeri Rwanda, Louis Mushikiwabo, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (6/2/2016).

Untuk diketahui, Rwanda saat ini menjadi tuan rumah bagi 74.526 pengungsi asal Burundi, dengan mayoritas dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

"Kami tidak bisa menyuruh mereka kembali ke negara asal mereka jika mereka tidak yakin keselamatan mereka. Pemerintah Burundi berada di posisi yang lebih baik untuk mencari kemungkinan berlangsung solusi untuk membawa damai di Burundi," kata Mushikiwabo.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6414 seconds (0.1#10.140)