Media Asing Ikut Soroti Kasus Kopi Maut Mirna

Senin, 01 Februari 2016 - 12:45 WIB
Media Asing Ikut Soroti Kasus Kopi Maut Mirna
Media Asing Ikut Soroti Kasus Kopi Maut Mirna
A A A
JAKARTA - Sejumlah media asing ikut menyoroti kasus kematian Wayan Mirna Salihin, 27, yang diduga akibat menenggak kopi bercampur racun sianida. Kepolisian Federal Australia (AFP) disebut ikut dimintai bantuan polisi Indonesia, untuk menelusuri teman-teman Mirna yang pernah belajar di Australia.

Dalam kasus “kopi maut” Mirna, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah menetapkan Jessica Kumala Wongso—teman Mirna—sebagai tersangka. Jessica kini telah ditahan Polda Metro Jaya.

Pada hari Mirna meninggal, Jessica disebut tiba lebih awal di sebuah kafe di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, dan memesan koktail Sazerac dan es kopi Vietnam. Es kopi itulah yang diduga bercampur racun sianida dan merenggut nyawa Mirna.

Media Australia, news.com.au, dengan judul “Woman allegedly laced study partner’s iced coffee with cyanide and killed her” sedikit mengulas permintaan bantuan polisi Indonesia kepada polisi Australia pada awal bulan ini untuk menelusuri hubungan Mirna dan teman-temannya selama mereka belajar di Australia, yaitu di Billy Blue College di Sydney.

Mirna terus bekerja di Australia setelah lulus pada tahun 2008 dan pulang ke Indonesia pada bulan Desember tahun lalu.


Media asing lainnya, IB Times.co.uk, dengan judul “Jessica Kumala arrested for the murder of her newlywed friend in Indonesia” mengulas racun sianida yang diduga menyebabkan Mirna kejang, mulut berbusa hingga akhirnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, mengatakan, bahwa pernyataannya Jessica saat menjadi saksi tidak konsisten dengan fakta-fakta yang telah dikumpulukan polisi. Menurutnya, bukti dari sekitar 20 saksi dan ahli telah diperoleh polisi.

Sementara itu, kuasa hukum Jessica, Yudi Wibowo, mengatakan bahwa kliennya dia tidak bersalah. Yudi telah mempertanyakan proses auotopsi yang dilakukan pada jenazah Mirna. Dia tidak percaya Mirna meninggal karena keracunan sianida.

Tapi, polisi menegaskan bahwa mereka menemukan racun sianida di perut Mirna dan di kafe tempatnya korban menenggak kopi sebelum meninggal.

Mirna baru saja menikah pasangannya, Arief Soemarko. Yudi juga membantah rumor adanya cinta segitiga antara kliennya, Arief dan Mirna.”Tidak ada yang seperti itu. Jessica punya pacar di luar negeri,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)