Rilis Video Propaganda, ISIS Ancam Serang Spanyol

Jum'at, 22 Januari 2016 - 18:27 WIB
Rilis Video Propaganda, ISIS Ancam Serang Spanyol
Rilis Video Propaganda, ISIS Ancam Serang Spanyol
A A A
LONDON - Kelompok Negara Islam Irak Suriah atau ISIS merilis video propaganda terbaru mereka. Dalam video itu, kelompok yang dipimpin oleh Abu Bakr al-Baghdadi itu mengancam akan menyerang Spanyol.

Video propaganda itu diawali dengan peta kuno Semenanjung Iberia yang berlahan-lahan berubah menjadi merah. Kemudian seorang militan mengatakan: "Kami akan ambil kembali tanah kami dari penjajah."

Pernyataan ini merujuk pada runtuhnya kekuasaan Islam di tanah Spanyol, seperti dikutip dari laman Express, Jumat (22/1/2016).

Video klip propaganda ini muncul hanya dua bulan setelah polisi Madrid menangkap tiga orang yang dicurigai memiliki keterkaitan dengan kelompok ekstrimis itu. Para tersangka yang berasal dari Maroko itu dilaporkan berniat untuk melakukan serangan teror di negara itu.

Lebih dari 100 orang warga Spanyol diduga telah melakukan perjalanan untuk bergabung dengan ISIS dalam perang yang merobek Suriah dan Irak. Menteri Dalam Negeri Spanyol, Jorge Fernandez Diaz mengaku Spanyol tengah berada dalam level tertinggi ancaman teror sejak pemboman Madrid pada 2004 lalu.

Saat itu, 191 orang tewas dan hampir 2.000 orang terluka ketika serangkaian bom meledak di empat gerbong kereta api komuter. "Kami berada di tingkat siaga maksimum sejak serangan 11 Maret 2004 di Madrid," kata Diaz.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6674 seconds (0.1#10.140)