Ilmuwan Temukan Planet Misterius di Luar Neptunus

Kamis, 21 Januari 2016 - 21:10 WIB
Ilmuwan Temukan Planet Misterius di Luar Neptunus
Ilmuwan Temukan Planet Misterius di Luar Neptunus
A A A
WASHINGTON - Sebuah hasil penelitian menunjukkan sebuah planet misterius yang besarnya 10 kali lebih besar dari bumi. Planet itu ditemukan mengorbit jauh setelah planet terakhir dari urutan planet tata surya kita saat ini, Neptunus.

Para astronom di California Institute of Technology (Caltech) yang berbasis di Pasadena mengatakan, simulasi komputer menunjukkan bahwa planet misterius tersebut, jika memang benar ada, akan mengorbit lebih dari 50 kali lebih jauh dari jarak matahari ke bumi. Sejauh ini, planet misterius tersebut belum diamati secara langsung.

"Ini potongan yang cukup substansial untuk ditemukan dari tata surya kita, cukup menarik," kata astronom Mike Brown, merujuk pada temuan planet misteriusnya yang dipublikasikan di Astronomical Journal seperti disitir dari Reuters, Kamis (21/1/2016).

Untuk diketahui, Brown adalah orang yang mementalkan Pluto dari jajaran planet tata surya kita pada tahun 2006 lalu. Menurutnya, ukuran Pluto terlalu kecil dan suhunya lebih dingin ketimbang Neptunus.

"Semua orang yang menjadi gila karena Pluto tidak lagi menjadi planet kini bisa meresa senang karena ada sebuah planet di luar sana yang masih dapat ditemukan," kata Brown.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)