PBB Sebut ISIS Sandera 3.500 Warga Irak

Selasa, 19 Januari 2016 - 20:35 WIB
PBB Sebut ISIS Sandera...
PBB Sebut ISIS Sandera 3.500 Warga Irak
A A A
WINA - Misi Bantuan PBB untuk Irak dan kantor hak asasi manusia PBB memperkirakan, saat ini ISIS setidaknya menyandera 3.500 warga Irak. Mereka yang disandera sebagian besar berasal dari komunitas Kurdi dan Yazidi Irak.

"Saat ini diperkirakan 3.500 orang ditahan dan diperbudak oleh ISIS," kata keduanya dalam laporan bersama yang dirilis di Jenewa, Swiss, seperti dilansir Ekurd pada Selasa (19/1).

"Mereka yang disandera sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak dan terutama berasal dari masyarakat Yazidi. Tapi, tidak sedikit yang juga dari masyarakat minoritas etnis dan agama lainnya," sambungnya.

PBB dalam laporannya juga menuturkan, sekitar 800 dan 900 anak-anak di Mosul diculik untuk dijadikan tentara oleh ISIS. Selain itu, PBB juga mengungkap bahwa banyak sandera ISIS yang tewas karena kelaparan.

"Banyak dari mereka yang tewas atau cacat oleh kekerasan terbuka, tetapi banyak juga yang meninggal karena kurangnya akses ke makanan pokok, air atau perawatan medis," kata Kepala HAM PBB Zeid Ra'ad Al Hussein.

Hussein menuturkan, laporan yang dirilis oleh pihaknya seperti mengungkap fakta di balik mengapa warga Irak, khususnya yang dikuasai oleh ISIS melarikan diri, dan mengungsi ke kawasan Eropa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8992 seconds (0.1#10.140)