AS Terjunkan Pasukan Khusus ke Irak

Kamis, 14 Januari 2016 - 22:51 WIB
AS Terjunkan Pasukan...
AS Terjunkan Pasukan Khusus ke Irak
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ash Carter mengatakan bahwa pasukan khusus telah tiba di Irak dan tengah bersiap untuk bekerjasama dengan pasukan Irak untuk memerangi ISIS.

"Pasukan ekspedisi khusus AS yang diterjunkan ke Irak yang saya umumkan pada bulan Desember lalu saat ini telah berada di tempat dan sedang bersiap untuk bekerjasama dengan Irak untuk mulai mengejar anggota dan komandan ISIS," kata Carter di Fort Campbell, Kentucky, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (14/1/2016).

AS sebelumnya memutuskan untuk mengirimkan 200 pasukan khusus ke Suriah. Pasukan tersebut kemudian dibagi menjadi sejumlah unit-unit kecil, berjumlah 50 orang, dan disebar hingga ke Irak.

Carter menyatakan, unit-unit kecil pasukan khusus AS sudah menjalin kontak dengan pasukan pemberontak, serta menentukan target baru untuk serangan udara dan segala jenis serangan.

Carter optimis dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh pasukan Irak - termasuk merebut kembali kota Ramadi - dan pasukan pemberontak yang didukung oleh AS di Suriah. Karenanya, saat ini, fokus perang terhadap ISIS adalah berupaya untuk meruntuhkan pusat kekuatan ISIS di Raqqa, Suriah, dan di Mosul, Irak.

"Presiden Obama berkomitmen untuk melakukan apa yang diperlukan, memanfaatkan setiap peluang yang ada, melihat seperti apa kita bekerja, dan menyesuaikannya dengan strategi musuh agar ISIS bisa dikalahkan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)