Kapal Induk AS Manuver Dekat Perairan Iran

Rabu, 13 Januari 2016 - 15:39 WIB
Kapal Induk AS Manuver Dekat Perairan Iran
Kapal Induk AS Manuver Dekat Perairan Iran
A A A
TEHERAN - Militer Iran mengatakan, kapal induk Amerika Serikat (AS) melakukan manuver di sekitar wilayah perairan Iran. Manuver ini dilakukan paska Iran menahan dua kapal milik Angkatan Laut AS, beserta 10 awaknya karena menerobos ke perairan Iran.

Komandan Garda Revolusi Angkatan Laut Iran, Laksamana Ali Fadavi seperti dilansir Reuters pada Rabu (13/1), menyebut manuver yang dilakukan oleh kapal induk AS tersebut sebagai tindakan provokasi.

"Sebuah kapal induk AS bertindak provokatif dan tidak profesional selama 40 menit dengan melakukan manuver di Teluk setelah Iran menangkap 10 pelaut Amerika," kata Fadavi dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, di tempat terpisah juru bicara Garda Revolusi Iran (IRGC), Ramazan Sharif menuturkan bahwa kabar mengenai akan segera dilepaskan ke-10 awak kapal, beserta kedua kapal AS tersebut hanya spekulasi AS semata.

"Apa yang orang lain katakan tentang akan segera dilepasnya para pelaut itu hanyalah spekulasi semata, dan saya tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal hal itu," ucap Ramazan.

Dirinya menambahkan, bahwa saat ini ke-10 pelaut, dimana terdiri dari sembilan pria dan satu wanita sedang diinterogasi oleh IRGC.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)