Pentagon: Iran Akan Segera Bebaskan 10 Pelaut AS

Rabu, 13 Januari 2016 - 14:33 WIB
Pentagon: Iran Akan Segera Bebaskan 10 Pelaut AS
Pentagon: Iran Akan Segera Bebaskan 10 Pelaut AS
A A A
WASHINGTON - Pentagon menuturkan, mereka telah melakukan kontak dengan militer Iran, terkait dengan penahanan 10 pelaut Amerika Serikat (AS), yang tidak lain adalah anggota Angkatan Laut AS. Pentagon menyatakan, dalam komunikasi tersebut mereka mendapatkan jaminan bahwa 10 pelaut itu akan segera dibebaskan.

"Kami telah melakukan kontak dengan Iran dan telah menerima jaminan bahwa awak dan kapal akan dikembalikan segera," kata juru bicara Pentagon, Peter Cook dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Belfast Telegraph pada Rabu (13/1).

Di kesempatan yang sama, Cook juga menyatakan bahwa ke-10 orang itu tidak sengaja memasuki perairan Iran. Kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan, yang membuat mereka akhirnya terombang-ambing, dan terbawa hingga masuk ke dalam perairan Iran.

"Kapal Riverine sedang dalam perjalanan dari Bahrain menuju Kuwait, namun di tengah jalan kami kehilangan kontak dengan mereka. Sejumlah masalah mekanik menyebabkan mereka hanyut ke perairan Iran, dimana mereka akhirnya ditangkap," sambungnya.

Insiden ini sendiri terjadi di tengah masih tegangnya antara hubungan Iran dan AS, akibat latihan perang yang dilakukan Iran. Latihan perang itu dilakukan dekat kapal AS yang sedang berlayar di selat Hormutz, yang berada di dekat perairan Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5172 seconds (0.1#10.140)