Siapkan Serangan Besar, ISIS dan Al-Qaeda Bentuk Koalisi

Sabtu, 09 Januari 2016 - 16:03 WIB
Siapkan Serangan Besar,...
Siapkan Serangan Besar, ISIS dan Al-Qaeda Bentuk Koalisi
A A A
MADRID - Seorang CEO perusahan keamanan dan intelijen terbesar di Spanyol, AICS, mengatakan bahwa dua kelompok teroris internasional; Al-Qaeda dan ISIS tengah berusaha untuk untuk menggabungkan kekuatan untuk melakukan serangan besar-besaran di Afrika Utara.

Menurut Salvador Burguet, dua bulan lalu telah terjadi pertemuan antara perwakilan ISIS di Afrika Utara, dimana organisasi afiliasianya berbasis di Aljazair, dan perwakilan dari Al-Qaeda di Migharibi Islam (AQIM). Pertemuan tersebut adalah upaya kedua kelompok teroris itu untuk menggabungkan kekuatan ke dua organisasi.

"Itulah satu-satunya cara mereka agar bisa menjadi lebih kuat dan bisa meluncurkan serangan dari Selatan ke Utara karena dari Sahara hingga ke Selatan kelompok Boko Haram sangat kuat," jelas Burguet seperti dikutip dari Sputniknews, Sabtu (9/1/2016).

Burguet menambahkan, ISIS perlu memperluas kegiatan mereka dari Libya ke Barat. Untuk itu, mereka perlu bekerjasama dengan Al-Qaeda. "Itulah mengapa mereka mencoba untuk menggabungkan kedua kelompok dan mengumumkannya di depan umum," sambung Burguet.

ISIS dan Al-Qaeda selama ini dianggap sebagai kelompok yang saling bersebrangan. Bahkan pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, secara mengejutkan menyatakan perang terhadap ISIS bertepatan dengan 14 tahun peringatan serangan 11 September 2001 atau 9/11 terhadap WTC.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)