Qatar Tarik Dubes dari Iran setelah Kedubes Saudi Dibakar

Kamis, 07 Januari 2016 - 09:40 WIB
Qatar Tarik Dubes dari Iran setelah Kedubes Saudi Dibakar
Qatar Tarik Dubes dari Iran setelah Kedubes Saudi Dibakar
A A A
DOHA - Pemerintah Qatar menarik atau memanggil pulang Duta Besar (Dubes)-nya yang ada di Teheran, Iran. Keputusan Qatar itu sebagai protes atas pembakaran dan penyerangan kantor Kedubes Arab Saudi di Teheran oleh massa yang menentang eksekusi ulama Syiah, Nimr Baqir Al-Nimr.

Kementerian Luar Negeri Qatar menyatakan penarikan Dubes mereka dari Teheran dijalankan Rabu kemarin.

Kementerian memanggil (pulang) duta Qatar untuk Teheran terkait latar belakang dari serangan terhadap Kedutaan Kerajaan Arab Saudi di Teheran,” kata Direktur Urusan Asia Departemen Luar Negeri Qatar, Khalid Ibrahim Abdulrahman Al-Hamar, yang dikutip dari Al Arabiya, Kamis (7/1/2016).

Reaksi dari Qatar ini mirip dengan tindakan yang diambil oleh negara-negara Teluk lain menyusul penyerangan terhadap kantor Kedubes dan Konsulat Saudi di Iran.

Saudi dan Bahrain sudah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Sedangkan Kuwait telah menarik Dubes-nya yang ada di Teheran. Sedangkan Uni Emirat Arab memangkas jumlah diplomatnya di Iran.

Tak hanya memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, Saudi juga melarang semua penerbangan dari dan ke Iran. Meski demikian, Saudi tetap membolehkan warga Iran untuk beribadah haji dan Umrah di Mekkah dan kota lain di Arab Saudi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)