AS Hentikan Operasional Drone dari Pangkalan Ethiopia

Selasa, 05 Januari 2016 - 22:47 WIB
AS Hentikan Operasional Drone dari Pangkalan Ethiopia
AS Hentikan Operasional Drone dari Pangkalan Ethiopia
A A A
ADDIS ABABA - Para pejabat dan diplomat Amerika Serikat (AS) mengatakan, AS telah menghentikan operasional pesawat nir awak atau drone miliknya dari pangkalan udara di Ethiopia. Langkah ini diambil atas permintaan pemerintah Ethiopia.

"Pada awalnya, proyek ini adalah proyek jangka panjang dengan waktu yang terbatas dan kedua pemerintah sudah lama mempersiapkan diri untuk kemungkinan ini," kata juru bicara pemerintah Ethiopia, Getachew Reda, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (5/1/2016).

AS menerbangkan pesawat dronenya dari sebuah lapangan udara di kota Arba Minch dalam kampanye melawan militan Somalia dan Yaman sejak 2011 lalu. Lapangan terbang ini adalah satu-satunya pangkalan pesawat tak berawak yang diakui oleh pemerintah Ethiopia.

"Personel militer AS tidak lagi berada di Arba Minch. Kami bekerjasama dengan mitra Afrika kami, kebutuhan kami sering kali berubah dan tekad yang membuat kami untuk menggunakan fasilitas di Arba Minch tidak lagi diperlukan," kata Public Affairs Officer di Kedutaan Besar AS di Addis Ababa, David Kennedy.

Ethiopia adalah salah satu sekutu utama Washington dan dianggap sebagai benteng melawan militan Islam di wilayah tersebut. Pasukan Ethiopia telah memerangi Al-Qaeda, sekutu militan al-Shabaab di Somalia sejak 2011 sebagai bagian dari misi perdamaian Uni Afrika.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6567 seconds (0.1#10.140)