RSI Jadi Rumah Sakit Terbesar Kedua di Gaza

Rabu, 30 Desember 2015 - 13:43 WIB
RSI Jadi Rumah Sakit Terbesar Kedua di Gaza
RSI Jadi Rumah Sakit Terbesar Kedua di Gaza
A A A
JAKARTA - Rumah sakit Indonesia (RSI) di Gaza, menurut pihak Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) adalah rumah sakit kedua terbesar yang ada wilayah Palestina tersebut. Rumah sakit terbesar pertama adalah rumah sakit pusat Gaza.

“RS Indonesia yang mulai beroperasi pada 24 Desember 2015 ini merupakan rumah sakit terbesar di Gaza Utara yang dimiliki Indonesia,” ucap Presdir MER-C , sekaligus anggota tim pengadaan alat RSI dr. Arif Rahman saat menggelar jumpa wartawan di kantor MER-C di bilangan Senen, Jakarta, kemarin.

Arif menuturkan, rumah sakit pusat di Gaza, yang merupakan rumah sakit terbesar memiliki total 350 kamar. Sedangkan, RSI memiliki 117 kamar, yang terdiri dari 90 unit kamar rawat, 17 unit emergency, dan 10 ruang ICU.

RSI, berdasarkan keterangan Arif dibangun di atas tanah seluas 1,6 hektar, dengan luas bangunan mencapai 1.000 meter persegi. RSI terdiri dari dua lantai, dengan satu basement, dan bila diperlukan RSI bisa dibangun hingga lima lantai.

"Namun, jika nanti akan dibangun lagi, RSI memungkinkan untuk dibangun hingga lima lantai. Konstruksi bangunan ini memang sudah disiapkan untuk dibangun hingga lima lantai, jika nantinya memang diperlukan," sambung Arif.

Setidaknya dibutuhkan dana Rp. 120 militar untuk bisa membangun rumah sakit, yang memiliki peralatan paling canggih di Gaza itu. Semua dana tersebut adalah hasil donasi masyarakat Indonesia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3515 seconds (0.1#10.140)