Tentara Kamerun Dituding Bantai 70 Warga Nigeria

Rabu, 23 Desember 2015 - 22:24 WIB
Tentara Kamerun Dituding...
Tentara Kamerun Dituding Bantai 70 Warga Nigeria
A A A
ABUJA - Pasukan Kamerun membunuh 70 warga saat mengejar kelompok pemberontak Boko Haram di wilayah Gwoza, negara bagian Borno, sebelah timur laut Nigeria.

Penduduk menyatakan bahwa pasukan Kamerun memasuki desa pada hari Minggu. Mereka bertanya di mana kelompok pemberontak Boko Haram dan mulai menembak.

"Kami tidak apa yang sedang terjadi tetapi pasukan Kamerun tiba-tiba muncul dan meminta kami menunjukkan kelompok teroris Boko Haram. Belum sempat kami berkata, mereka mulai menembak. Karena takut, kebanyakan dari kami mulai berlari," kata seorang warga seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (23/12/2015).

Juru bicara negara bagian Borno untuk kelompok pertahanan sipil, Abbas Gava, mengkonfirmasi kejadian tersebut. Ia mengaku menerima panggilan dari warga desa Ashigashiya yang berada di dekat perbatasan dengan Kamerun.

"Mereka mengatakan tentara tengah mengejar para teroris Boko Haram yang melarikan diri Kirawa-Jimni. Para prajurit tidak ingin membuang-buang waktu mereka, dan saat tiba di desa mereka langsung menembaki warga," kata Gava.

Pemerintah Kamerun pun membantah kabar ini. Mereka mengatakan tentara Kamerun dilatih untuk menghormati hak asasi manusia. Mereka juga telah melakukan operasi terkoordinasi di beberapa desa perbatasan di sekitar Danau Chad pada 27-29 November dan membebaskan 900 orang yang ditahan kelompok Boko Haram.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6024 seconds (0.1#10.140)