Rusia Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Iran

Selasa, 22 Desember 2015 - 23:24 WIB
Rusia Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Iran
Rusia Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Iran
A A A
TEHERAN - Seorang pejabat nuklir Iran mengatakan Rusia akan mulai membangun dua unit pembangkit listrik tenaga nuklir di Iran mulai pekan depan seperti diberitakan oleh kantor berita Mehr. Hal itu dilakukan dibawah kesepakatan yang ditandatangani di Moskow tahun lalu antara anak perusahaan milik negara lembaga atom kedua negara.

Namun dalam pemberitaannya Mehr tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pembangkit listrik tenaga nuklir yang dimaksud. Namun merujuk pada pernyataan juru bicara Organisasi Energi Atom Iran, Behrouz Kamalvandi, tampaknya pembangkit listrik tenaga nuklir yang dimaksud adalah stasiun tenaga nuklir Bushehr.

Stasiun tenaga nuklir Bushehr sendiri dirancang dan dibangun oleh Rusia. Iran sebelumnya juga telah menjalankan satu reaktor nuklir buatan Rusia di Bushehr. Bushehr sendiri sebelumnya tidak dianggap mempunyai risiko proliferasi nuklir yang serius, seperti disitir dari Reuters, Selasa (22/12/2015).

Rusia dan Iran telah menandatangani perjanjian pada bulan November tahun lalu. Dalam perjanjian itu, Rusia setuju untuk membangun hingga delapan reaktor lebih di Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7598 seconds (0.1#10.140)
pixels