Israel Harusnya Membantu Palestina

Selasa, 15 Desember 2015 - 18:10 WIB
Israel Harusnya Membantu Palestina
Israel Harusnya Membantu Palestina
A A A
JAKARTA - Israel, sebagai negara yang dinilai lebih kuat dari Palestina, harusnya tidak melakukan penjajahan di negara tersebut, melainkan justru harus membantu Palestina. Hal itu disampaikan Akademisi Israel dari Universitas Bar Ilan, Menachem Klein.

"Israel lebih kuat dari Palestina. Karena itu dari sisi Israel seharusnya mereka membantu Palestina untuk hidup dengan hak-hak mereka," ucap Klein kala ditemui awak media di sela-sela Konfrensi Internasional soal Yerusalem di Jakarta pada Selasa (15/12).

Tapi sayangnya, Klein mengakui bahwa saat ini negaranya masih menanggap Palestina tidak setara dengan mereka. Dalam pandangannya, itu adalah hal yang salah. Harusnya, Israel melihat Palestina sebagai pihak yang setara, sehingga pemerintah Israel bisa memberikan hak-hak warga Palestina secara utuh.

"Kita harus mempersilakan mereka membangun institusi di Yerusalem dan izinkan mereka untuk mengklaim wilayah mereka dan mendapatkan hak mereka di Yerusalem. Itulah yang harus dilakukan Israel sebagai negara yang lebih kuat. Terima agama, latar belakang, dan hak-hak yang setara di Yerusalem," sambungnya.

Sementara itu, terkait dengan adanya keterlibatan dunia internasional dalam mendamaikan kedua negara, dirinya menyebut hal itu memang cukup membantu, tapi yang terutama tetap ada di tangan kedua negara.

"Memang bisa membantu di satu sisi. Tapi yang terutama adalah dari kami sendiri, Israel dan Palestina harus berusaha untuk menciptakan perdamaian. Tapi, Kami pasti butuh bantuan internasional," ungkap Klein.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3673 seconds (0.1#10.140)