Obama: Pakta Iklim Paris, Kesempatan Besar Selamatkan Dunia

Minggu, 13 Desember 2015 - 22:03 WIB
Obama: Pakta Iklim Paris, Kesempatan Besar Selamatkan Dunia
Obama: Pakta Iklim Paris, Kesempatan Besar Selamatkan Dunia
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memuji pakta iklim Paris yang baru saja tercapai. Obama menyebut kesepakatan itu kesempatan terbaik untuk menyelamatkan bumi dari efek perubahan iklim global.

Berbicara di Gedung Putih, pemimpin AS itu menuturkan bahwa kesepakatan itu menunjukkan apa yang mungkin terjadi ketika dunia berdiri bersama sebagai satu kesatuan. Tapi, dirinya mengingatkan tidak ada kesepakatan yang benar-benar sempurna.

"Tidak ada kesepakatan yang sempurna, termasuk yang satu ini, dan bahwa perundingan yang melibatkan hampir 200 negara selalu menantang," ucap Obama, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (13/12).

"Bahkan jika semua target awal yang ditetapkan di Paris terpenuhi, kita hanya akan menjadi bagian dari perjalanan menuju dimana saatnya dunia dunia berusaha keras mengurangi karbon dari atmosfer," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Obama turut menyatakan bahwa tercapainya kesepakatan ini adalah kemenangan besar bagi AS. Sebab, dalam pandanganya AS adalah pemimpin dari upaya global untuk menangulangi perubahan iklim.

"Hari ini orang-orang Amerika bisa berbangga karena kesepakatan bersejarah ini merupakan penghargaan untuk kepemimpinan Amerika. Selama tujuh tahun terakhir, kami telah mengubah AS menjadi pemimpin global dalam memerangi perubahan iklim," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5297 seconds (0.1#10.140)