Serangan Udara AS Tewaskan Pemimpin al-Shabaab

Selasa, 08 Desember 2015 - 18:16 WIB
Serangan Udara AS Tewaskan Pemimpin al-Shabaab
Serangan Udara AS Tewaskan Pemimpin al-Shabaab
A A A
WASHINGTON - Pentagon menyatakan bahwa mereka berhasil menewaskan seorang pemimpin senior kelompok ekstrimis al-Shabaab pada pekan lalu dalam sebuah serangan udara di Somalia.

Juru bicara Pentagon, Peter Cook mengatakan, serangan udara tersebut dilakukan pada 2 Desember lalu dan menewaskan tiga orang. Salah seorang korban tewas itu diidentifikasi sebagai Abdirahman Sandhere seorang pemimpin senior kelompok Al-Shabaab. Selain itu, ia juga dikenal sebagai Ukash seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (8/12/2015).

Kelompok Al-Shabaab adalah kelompok eksterimis Islam yang bertanggung jawab atas sejumlah serangan di wilayah Afrika timur, khususnya di Kenya dan Somalia. Mereka berdiri pada 2006 dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam.

Al Shabaab pernah menguasai hampir seluruh ibu kota Somalia, Mogadishu dan sebagian besar wilayah tengah dan selatan Somalia pada 2006. Namun pada 2011, pasukan Uni Afrika yang berasal dari Kenya dan Uganda serta didukung oleh PBB berhasil mengusir mereka dari Mogadishu.

Pada tahun 2012 pemimpin Al Shabab, Mukhtar Abu Zubair, menyatakan sumpah setia kepada kelompok teroris internasional, Al-Qaeda. Sejak saat itu, Al Shabaab resmi menjadi sayap kelompok Al-Qaeda di Afrika Timur.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5783 seconds (0.1#10.140)