Obama Kenang Bom Jepang Meluluhlantakkan Pearl Harbor

Selasa, 08 Desember 2015 - 16:15 WIB
Obama Kenang Bom Jepang Meluluhlantakkan Pearl Harbor
Obama Kenang Bom Jepang Meluluhlantakkan Pearl Harbor
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan rakyatnya mengenang 74 tahun serangan mendadak bom-bom Jepang yang meluluhlatakkan pangkalan Angkatan Laut AS di Pearl Harbor, Hawaii. Serangan pada 7 Desember 1941 kala itu menewaskan ribuan warga dan menghancurkan kapal-kapal perang AS.

Peringatan itu digelar Senin waktu AS atau hari ini (8/12/2015) WIB.“Serangan itu diserap Amerika sebagai konflik yang akan mengubah jalan bagi martabat manusia dan kebebasannya,” ucap Obama pada hari yang telah ditetapkan sebagai “National Pearl Harbor Remembrance Day” oleh hukum di AS dan dikenang saban tahun.

”Hampir tujuh setengah dekade lalu, saat fajar merekah di atas pulau Oahu, bom menerobos langit yang oleh pasukan Jepang diluncurkan tanpa alasan pada bangsa kita,” kata Obama.

“Lebih dari 2.400 nyawa berharga dan banyak armada Pasifik kami hilang, namun penyatuan berikutnya dari orang-orang kami terbukti kuat dari serangan yang bertujuan untuk melemahkan kita,” lanjut Obama, seperti dikutip IB Times.

Serangan oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang kala itu berlangsung pada hari Minggu. AS tidak menerima peringatan apapun bahkan tidak ada deklarasi perang.

Sebanyak 2.203 orang Amerika, termasuk 1.177 pelaut di kapal perang USS Arizona tewas dan lebih dari 1.000 orang lainnya terluka. Serangan itu bagian dari strategi Jepang untuk menggagalkan setiap respons militer Amerika untuk menaklukkan wilayah Asia Tenggara. Dua kapal perang AS tenggelam dan banyak yang rusak dalam serangan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3803 seconds (0.1#10.140)