Lawan Rusia, Polandia Minta NATO Kerahkan Nuklir

Minggu, 06 Desember 2015 - 22:56 WIB
Lawan Rusia, Polandia Minta NATO Kerahkan Nuklir
Lawan Rusia, Polandia Minta NATO Kerahkan Nuklir
A A A
WARSAWA - Polandia secara mengejutkan disebut tengah berpikir untuk meminta bantuan kepada NATO, untuk mengamankan wilayah perbatasan mereka. Tidak tangung-tanggung, Polandia meminta NATO mengerahkan senjata nuklir mereka untuk ditempatkan di wilayah perbatasan.

"Saya berpikir untuk meminta NATO untuk memungkinkan senjata nuklir digunakan di wilayah kami," kata Menteri Pertahanan Polandia, Tomasz Szatkowski dalam sebuah wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Reuters pada Minggu (6/12).

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat tinggi Polandia membuat pernyataan mengenai keinginan mereka untuk menjadi negara yang menjadi lokasi senjata nuklir NATO.

Namun, tidak lama kemudian Kementerian Pertahanan Polandia langsung mengeluarkan pernyataan yang menuturkan bahwa Warsawa belum meminta dan tidak ingin NATO menempatkan senjata nuklir di wilayahnya.

Negara-negara anggota NATO yang tidak memiliki teknologi nuklir sendiri memang dibolehkan untuk "meminjam" senjata nuklir dari negara anggota NATO lainnya. Selain itu mereka juga boleh meminta bantuan kepada Amerika Serikat (AS).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5833 seconds (0.1#10.140)