PBB: Iran Hentikan Proyek Bom Nuklir Pada 2009

Kamis, 03 Desember 2015 - 18:05 WIB
PBB: Iran Hentikan Proyek Bom Nuklir Pada 2009
PBB: Iran Hentikan Proyek Bom Nuklir Pada 2009
A A A
WINA - Badan pengawas atom PBB, IAEA mengatakan, Iran terbukti mengembangkan senjata nuklir di masa lalu. Namun, upaya pengembangan itu tidak meliputi pengujian komponen dasar.

Dalam laporannya, IAEA mengatakan, Iran memiliki rancangan program nuklir terpadu sampai tahun 2003. Mereka juga sempat melakukan penelitian tentang senjata nuklir secara sporadis, sebelum akhirnya menghentikan semua aktivitas tersebut pada tahun 2009, seperti dikutip dari laman The Guardian, Kamis (3/12/2015).

Menurut juru bicara IAEA, Mark Toner, IAEA tidak menemukan bukti aktivitas senjata apa pun setelah tahun 2009. Selain itu, IAEA juga tidak menemukan bukti bahan kimia dari sampel lingkungan.

Toner juga mengatakan, kesepakatan nuklir telah memberikan cukup transparansi dan akses untuk memastikan tidak akan ada pengulangan kegiatan nuklir oleh Teheran.

Menanggapi temuan ini, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan, hal itu menunjukkan bahwa program nuklir Iran bertujuan damai, seperti dikutip dari laman BBC.

Nantinya, laporan ini akan diteruskan ke Dewan IAEA untuk didiskusikan pada bulan Desember nanti. Iran sendiri sebelumnya bersikeras jika proyek atomnya adalah untuk tujuan damai.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7159 seconds (0.1#10.140)