Jelang Pembicaraan Wina, Lavrov Telepon Zarif

Rabu, 11 November 2015 - 21:35 WIB
Jelang Pembicaraan Wina, Lavrov Telepon Zarif
Jelang Pembicaraan Wina, Lavrov Telepon Zarif
A A A
MOSKOW - Menjelang pembicaraan Wina soal Suriah, yang rencananya akan digelar akhir pekan ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dikabarkan melakukan perbincangan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Keduanya membahas mengenai prospek penyelesaian konflik di Suriah.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Rusia, kedua Menlu sepakat, bahwa bukan hanya yang terlibat dalam pembicaraan Wina, tapi dunia internasional juga harus ikut terlibat dalam upaya penyelesaikan konflik di Suriah. Dunia internasional harus mendukung upaya negosiasi damai antara pihak yang bertikai di Suriah.

"Lavrov dan Zarif mengatakan, dunia internasional harus mendukung pembicaraan damai di Suriah untuk mencapai penyelesaian krisis, daripada mencoba untuk memutuskan hasil pembicaraan terlebih Dahulu," ujar kementerian itu, seperti dilansir SANA pada Rabu (11/11).

Iran sendiri sejatinya belum pasti terlibat dalam ronde kedua pembicaraan Wina. Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian mengatakan, keputusan apakah pihaknya akan terlibat dalam pembicaraan tersebut bergantung pada Amerika Serikat (AS).

Abdollahian menuturkan, semuanya tergantung pada jawaban Washington mengenai beberapa tindakan sepihak yang diambil oleh beberapa pihak yang terlibat dalam pembicaraan. Menurut Abdollahian, mereka mengambil tindakan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan negara lain
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6097 seconds (0.1#10.140)