Sukhoi Siap Kirim Pesawat ke Iran

Minggu, 08 November 2015 - 18:52 WIB
Sukhoi Siap Kirim Pesawat ke Iran
Sukhoi Siap Kirim Pesawat ke Iran
A A A
MOSKOW - Pabrikan pesawat asal Rusia, Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC) mengaku siap mengirim pesawat mereka berjenis khoi Superjet 100 (SSJ100). Pengiriman pesawat penumpang itu rencananya akan dilakukan setelah sanksi terhadap Iran dicabut seutuhnya.

"Ada permintaan besar, kami berharap dapat mengirmkan sekitar 100 pesawat. Kami telah membahas pengiriman dengan perusahaan penerbangan potensial dari Iran dan mengharapkan sekitar 100 akan dikirimkan," kata Presiden SCAC, Ilya Tarasenko dalam sebuah pernyataan.

Tarasenko mengatakan, pihaknya bukan hanya akan mengirimkan pesawat ke Iran, tapi Sukhoi juga kemungkinan akan mentransfer teknologi yang dimiliki, sehingga mereka bisa merakit pesawat tersebut sendiri. Selain itu, dirinya mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membukan pabrik di Iran.

"Iran bisa juga terlibat dalam proses produksi SSJ100 di wilayahnya setelah pemeriksaan kapasitas industri Iran dan sertifikasi yang diperlukan," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (8/11).

Sanksi yang selama ini membelit Iran perlahan-lahan memang tengah dicabut. Pencabutan sanksi ini merupakan bagian dari kesepatan nuklir antara Iran dan enam negara kekuatan dunia beberapa waktu lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6224 seconds (0.1#10.140)