Khamenei: Pemilu Jadi Solusi Selesaikan Konflik Suriah

Minggu, 01 November 2015 - 18:57 WIB
Khamenei: Pemilu Jadi Solusi Selesaikan Konflik Suriah
Khamenei: Pemilu Jadi Solusi Selesaikan Konflik Suriah
A A A
TEHERAN - Pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, pemilu menjadi satu-satunya solusi nyata untuk menyelesaikan konflik di Suriah. Namun, untuk merealisasikan hal itu, menurut Khamenei negara-neagra Barat harus menghentikan suplai dana dan senjata kepada pemberontak Suriah.

"Solusi untuk menyelesaikan konflik di Suriah adalah pemilu, dan untuk merealisasikan ini, negara Barat perlu menghentikan bantuan militer dan keuangan untuk oposisi," kata Khamenei dalam sebuah pernyataaan.

Ide mengenai segera diadakannya pemilu di Suriah pertama kali diuatarakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Ide itu mendapat sambutan positif dari Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Namun, Assad mengatakan, dirinya baru akan mengadakan pemilu di Suriah jika masyarakat Suriah menghendaki. Dan terkait apakah dia akan mencolonkan diri kembali menjadi Presiden Suriah, Assad mengatakan semua tergantung pada rakyat Suriah.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Khamenei juga mengatakan bahwa tujuan utama Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah sangat berbeda jauh dengan tujuan yang coba dicapai oleh Iran. "Tujuan AS adalah kebalikan dari Iran," sambungnya, tanpa memberikan rincian lebih.

"Selain itu, melakukan negosiasi dengan Washington pada isu-isu regional adalah sesutu yang sia-sia," tambahnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (1/11).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6062 seconds (0.1#10.140)