Tegang, China Beri Peringatan Pada Kapal AS

Selasa, 27 Oktober 2015 - 20:25 WIB
Tegang, China Beri Peringatan...
Tegang, China Beri Peringatan Pada Kapal AS
A A A
BEIJING - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China kian meninggi di wilayah Laut China Selatan. Ketegangan ini mulai terjadi ketika AS mengirimkan kapal perang mereka, yakni USS Lassen ke wilayah sengketa tersebut.

Kapal laut China, berdasarkan pernyatan Kementerian Pertahan China, sudah memberikan peringatan kepada USS Lassen agar segera keluar dari kawasan Laut China Selatan. Jika tetap beredar di sekitar Laut China Selatan, kementerian itu mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan lebih.

"Kapal perang Cina memberi peringatan kepada kapal Angkatan Laut AS karena berpatroli dekat dengan pulau buatan China di Laut China Selatan," kata kementerian itu dalam pernyataan yang diposting di website resmi mereka.

"Militer kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan negara," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (27/10).

Sebelumnya, pemerintah China juga dikabarkan sudah memanggil Duta Besar AS di Beijing, Pemanggilan Dubes AS ini dimaksudkan untuk menyampaikan protes secara resmi atas pengerahan USS Lassen ke wilayah Laut China Selatan.

Sementara itu, AS sendiri sampai saat ini belum memberikan keterangan mengenai alasan pengerahan USS Lassen ke Laut China Selatan. Namun, ada dugaan manuver kapal perang AS itu untuk menentang klaim teritorial China di Laut China Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0675 seconds (0.1#10.140)