Gempa Dahsyat Guncang Afghanistan, Belasan Tewas

Senin, 26 Oktober 2015 - 18:52 WIB
Gempa Dahsyat Guncang Afghanistan, Belasan Tewas
Gempa Dahsyat Guncang Afghanistan, Belasan Tewas
A A A
KABUL - Setidaknya 15 orang dilaporkan meninggal dunia, dan 55 orang lainnya cederaa setelah gempa dahsyat mengguncang wilayah timur laut Afghanistan. Gempa tersebut tercatat memiliki kekuatan 7,5 skala richter (SR).

Jumlah korban terbanyak berasal dari kota Taloqan. Di kota tersebut 12 siswi tewas ketika berusaha untuk keluar dari dalam gedung sekolah. Para siswi tersebut tewas bukan karena tertimpa rerutuhan banguna, tapi terinjak-injak oleh teman-teman mereka.

"12 orang siswi tewas karena terinjak-injak, ketika ratusan siswa panik dari berusaha keluar dari gedung sekolah ketika gempa melanda kota," kata Kepala Badan Penanggulangan bencana provinsi timur laut Afghanistan, Abdul Razaq Zinda.

Sementara itu, lima orang korban lainnya berasal dari kota Jalalabad. Menurut keterangan Kepala Rumah Sakit di kota tersebut, Najibullah Kamawal, kelima orang tersebut tewas karena tertimpa bangunan, sementara itu 55 orang menderita luka-luka karena hal yang sama.

Berdasarkan keterangan Pusat Survey Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS, pusat gempa berada di 82 Km dari wilayah Feyzabad yang merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Afghanistan, dan memiliki kedalaman 192 Km.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6221 seconds (0.1#10.140)