Pasukan Irak Tangkap Komandan ISIS

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 14:56 WIB
Pasukan Irak Tangkap Komandan ISIS
Pasukan Irak Tangkap Komandan ISIS
A A A
BAGHDAD - Pasukan khusus Irak yang melakukan operasi penyelamatan sandera di Irak Utara berhasil menangkap seorang komandan kelompok ekstrimis ISIS. Mereka juga berhasil membebaskan sejumlah sandera dari tangan kelompok tersebut.

"Dibantu dengan pesawat drone dan menggunakan lima helikopter Chinook, pasukan khusus Irak menggerebek pusat komando ISIS dan sebuah penjara di timur desa kota Hawijah, Provinsi Salahudin," ujar Kepala Komite Dewan Keamanan Provinsi Salahudin, Jasim al-Jbara seperti dikutip dari laman Xinhua, Jumat (23/10/2015).

Tidak hanya itu, pasukan khusus Irak juga berhasil menangkap beberapa militan ISIS, termasuk Abu Omer yang memimpin jaringan kelompok ekstrimis itu dio Hawijah.

Al-Jbara sendiri tidak bisa mengidentifikasi jika pasukan yang melakukan penggerebekan dan penyelamatan sandera adalah pasukan khusus. Namun, laporan sejumlah media mengatakan, bahwa pasukan khusus Irak dipimpin oleh penasihat militer asal Amerika Serikat (AS).

Pasukan inilah yang diduga melakukan operasi penyelamatan sandera. Dalam operasi itu, 70 sandera asal suku Kurdi berhasil dibebaskan dan satu anggota pasukan AS tewas. (Baca juga: Tentara AS Tewas Dalam Operasi Pembebasan Sandera di Irak)

Saat ini ada sekitar 3.500 tentara AS di Irak yang melatih dan membantu militer Irak untuk melawan ISIS dan banyak dari mereka ditempatkan di Provinsi barat Anbar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3257 seconds (0.1#10.140)