CIA Tuding Wikileaks Lakukan Kejahatan

Kamis, 22 Oktober 2015 - 22:58 WIB
CIA Tuding Wikileaks Lakukan Kejahatan
CIA Tuding Wikileaks Lakukan Kejahatan
A A A
WASHINGTON - Badan intelijen Amerika Serikat (AS) tidak bisa menyembunyikan kemarahannya atas apa yang dilakukan oleh Wikileaks. CIA mengutuk dan mengatakan peretasan e-mail milik pimpinan CIA, John Brennan, sebagai kejahatan yang dilakukan dengan niat jahat.

Meski mengutuk, CIA mengatakan, sejauh ini tidak ada e-mail yang diklasifikasikan sebagai dokumen rahasia yang diumbar di dunia maya. "Dokumen tersebut adalah dokumen pribadi biasa yang diharapkan memuat informasi mengenai kepentingan dan menyangkut kemanan nasional agar bisa diekspos," begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh CIA seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (22/10/2015).

Bocornya sejumlah dokumen milik pejabat tinggi, termasuk sejumlah kabel diplomatik yang disebarkan oleh Wikileaks kerap menimpa pemerintah AS dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, Wikileaks merilis enam dokumen yang diambil dari akun lama milik pemimpin CIA, John Brennan. Dokumen-dokumen tersebut mencakup rancangan aplikasi izin keamanan yang berisi informasi pribadi. Terdapat juga dokumen mengenai draft tantangan keamanan nasional yang diakhiri dengan sebuah paragraf yang belum selesai, berjudul Merusak Aliran Informasi yang Bocor.

Selain itu juga ada dokumen yang berisi surat tentang metode interogasi yang berasal dari Wakil Ketua Komite Senat tentang intelijen kepada sesama anggota senat. Wikileaks mengaku akan merilis kembali sejumlah dokumen yang dimilikinya dalam beberapa hari ke depan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5148 seconds (0.1#10.140)